Samsung vs Apple (temen brantem)

0 comments

Samsung sama Apple ribut, padahal dulunya mitra terpercaya yang saling membutuhkan tapi sekarang tuding-tudingan masalah hak paten ya bener aja, dulu temenan saling memberi dan menerima kalau tuntut-tuntutan habis semua. samsung kalah sidang sampe bayar denda ke Apple 1,035milyar dollar pake uang koin diangkut 30 truck.. haahaa gokil ya, ini ungkapan sakit hatinya si samsung.
Tapi samsung ga selelu kalah soal denda.. Apple juga kena denda samsung, berapa dendanya?
bagaimana tragedi saling pukul tangkis antara samsung vs apple?
cekibrot berita-britanya mameeeeen..

Desember, Sidang Larangan Permanen Produk Samsung Dimulai
Sidang dengar pendapat antara Apple dan Samsung telah dijadwalkan untuk 6 Desember 2012. Pada kesempatan itu, Apple dikabarkan akan meminta larangan penjualan permanen produk-produk Samsung yang melanggar paten.

Hakim Lucy Koh dari Pengadilan San Jose, California, akan menimbang permintaan Apple ini setelah para pengacara mengajukan argumen hukum yang rinci.

Sidang dengar pendapat ini terpisah, namun masih berhubungan, dengan sidang pada 20 September 2012. Sidang di akhir September akan membahas pelarangan sementara atas Galaxy Tab 10.1.
Pada Senin lalu (27/8/2012), Apple mengajukan permintaan awal kepada Pengadilan San Jose, California, untuk melarang penjualan 8 produk smartphone Samsung di AS.

Langkah ini diambil Apple setelah Dewan Juri mengeluarkan keputusan hasil persidangan yang digelar pada 1 Juli hingga 24 Agustus lalu. Dewan Juri menilai Samsung melanggar 6 dari 7 paten Apple. Juri juga meminta Samsung membayar denda 1.05 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun).

Meski demikian, keputusan juri ini belum "diketuk palu" oleh Hakim Lucy Koh, yang memimpin persidangan.

Samsung jelas tak tinggal diam, mereka akan mengajukan banding atas hal itu.

Dalam sebuah pernyataan, pihak Samsung mengatakan keputusan juri tersebut merupakan kekalahan bagi konsumen di AS. Menurut Samsung, keputusan ini berpotensi mendorong harga produk alat komunikasi pintar (smartphone dan tablet) menjadi lebih mahal karena variasi produk yang semakin sedikit.

Apple Inginkan Produk Samsung Dilarang
San FranCisco, Selasa - Apple Inc menyampaikan daftar berisi delapan produk Samsung Electronics Co untuk dilarang dijual di Amerika Serikat. Di dalamnya termasuk model Galaxy yang sangat populer. Daftar itu diajukan Apple, Senin (27/8), di San Francisco, AS.
Hakim Distrik Lucy Koh meminta Apple memberi daftar setelah pengadilan di San Jose, AS, pekan lalu, menjatuhkan denda sebesar 1,05 miliar dollar AS kepada Samsung. Samsung dituduh dengan niat jelas menjiplak teknologi Apple, khususnya teknologi iPhone dan iPad.
Daftar produk Samsung yang diajukan Apple itu adalah Galaxy S 4G, Galaxy S2 AT&T, Galaxy S2, Galaxy S2 T-Mobile, Galaxy S2 Epic 4G, Galaxy S Showcase, Droid Charge, dan Galaxy Prevail. Apple sendiri menginginkan agar 28 produk Samsung dilarang dijual di pasaran AS. Namun, Apple relatif berbaik hati dengan hanya mengajukan delapan produk.
Koq juga sudah melarang penjualan Galaxy Tab 10.1 pada 26 Juni 2012 untuk dijual di pasaran AS. Samsung sedang dalam proses meminta pencabutan pelarangan produk Galaxy Tab 10.1 ini.
Para hakim di AS akan bersidang pada 20 September mendatang untuk memutuskan apakah pelarangan penjualan produk Samsung itu akan dieksekusi atau tidak.
Selain mengajukan daftar itu, Apple juga meminta Samsung dikenai denda lebih besar, yakni 3,15 miliar dollar AS. Pihak Samsung pada Selasa dari Seoul, Korea Selatan, menyatakan bahwa perusahaan akan berjuang keras agar semua produknya bisa tetap dijual di pasar AS.
Turun drastis
Samsung, perusahaan teknologi terbesar dunia, menyatakan, ”Kami akan mengambil segala tindakan untuk membuat semua produk kami tetap bisa dijual di pasaran AS.” Samsung mengandalkan keputusan pengadilan di beberapa negara lain yang menyatakan bahwa Samsung tidak mencuri teknologi Apple. Samsung tidak mengeluarkan pernyataan tentang strategi yang akan dilakukan jika pelarangan produk tersebut jadi dilakukan.
”Jika terjadi, kami akan tetap bisa melakukan sesuatu,” demikian pernyataan Samsung. Tindakan Apple itu dilakukan karena kemajuan Samsung dalam meniru teknologi Apple telah menyebabkan penurunan drastis penjualan produk Apple, seperti iPad. Dalam dunia teknologi informasi, Samsung dikenal sebagai perusahaan yang paling cepat meniru teknologi perusahaan lain. Kasus ini diperkirakan akan mengubah pola inovasi di Samsung

Menang, Apple Bisa Cekal Produk Samsung
Setelah membuahkan putusan yang menyebut bahwa Samsung harus membayar ganti rugi sebesar lebih dari 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 9,5 triliun kepada Apple, drama konflik paten dua raksasa elektronik ini terus berlanjut.

Jumat (24/8/2012) kemarin, begitu dewan juri selesai menyampaikan koreksi untuk beberapa poin temuan awal yang dianggap tidak konsisten, Hakim Lucy Koh di Pengadilan San Jose, Amerika Serikat, menetapkan 20 September sebagai tanggal sidang awal dengar pendapat (hearing) untuk menghasilkan perintah pengadilan atau injunction.

Didukung oleh putusan juri dalam pengadilan, Apple diperkirakan bakal menuntut Samsung agar melisensi paten-paten yang dilanggarnya atau mencekal penjualan produk-produk Samsung dengan kandungan yang melanggar paten. Dua kemungkinan ini akan berujung pada kerugian lebih besar untuk Samsung di luar ganti rugi yang harus dibayarkan pada Apple.

Hakim Koh meminta Apple mengajukan berkas untuk hearing pada tanggal 29 Agustus mendatang, sementara jawaban dari Samsung dijadwalkan menyusul dua minggu setelah itu. Kemudian, Apple diberi waktu dua hari untuk menyiapkan respons atas jawaban Samsung tersebut.

Akhir Juli lalu, Apple pernah berhasil memenangkan perintah pengadilan untuk mencekal penjualan smartphone Samsung Galaxy Nexus. Samsung ketika itu segera mengajukan banding.

Kemenangan Apple di pengadilan telah melejitkan nilai saham perusahaan itu, yang sempat menyentuh angka 675 dollar AS per lembar pada perdagangan after-hours pada Jumat (24/8/2012).

Nilai ganti rugi sebesar 1 miliar dollar AS yang harus dibayar oleh Samsung lebih kecil dari tuntutan awal Apple sebesar 2,5 miliar dollar AS. Juri menggugurkan sejumlah tuntutan Apple berikut tuntutan balik Samsung yang menuduh Apple telah melanggar beberapa paten miliknya.

Samsung Siapkan Cara Hindari Pencekalan Apple
Seusai memenangi tuntutannya dalam sengketa paten melawan Samsung minggu lalu, hari Senin (27/8/2012) Apple mengajukan permintaan untuk mencekal penjualan produk-produk milik rivalnya itu.

Produk Samsung yang terancam dicekal secara permanen adalah delapan tipe ponsel yang bertanggung jawab atas sebagian besar pemasukan Samsung dari pasar smartphone Amerika Serikat.

Menghadapi ancaman tersebut, pihak Samsung tidak tinggal diam. Vendor asal Korea Selatan itu Selasa (28/8/2012) kemarin mengeluarkan pernyataan yang isinya menegaskan niat Samsung untuk melawan usaha pencekalan Apple dengan "segala cara".

"Kami akan melakukan apa saja yang diperlukan untuk menjamin ketersediaan produk kami di Amerika Serikat," tulis Samsung dalam pernyataan pers yang dirilisnya.

Seorang juru bicara Samsung yang dikutip oleh The Wall Street Journal mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan usaha-usaha seperti mengajukan permintaan untuk membatalkan pencekalan—seandainya pencekalan tersebut dikabulkan—dan memodifikasi produk-produknya dengan cara membuang bagian-bagian yang melanggar paten.

Pihak Samsung telah memulai pembicaraan dengan operator-operator seluler di Amerika Serikat untuk membuang atau memodifikasi fitur-fitur yang melanggar paten agar produk-produk ponsel yang bersangkutan bisa tetap beredar.

Salah satu perangkat terpenting yang akan dimodifikasi adalah Samsung Galaxy S II. Beberapa versi smartphone ini yang dijual di Amerika Serikat mengandung elemen-elemen desain dan software yang melanggar paten.

Untuk smartphone ini, Samsung telah menemukan jalan keluar untuk pelanggaran dua paten terkait fitur software.

Produk-produk terbaru Samsung, seperti Galaxy Note dan Galaxy S III, tidak termasuk dalam daftar perangkat yang akan dicekal Apple. Rival Samsung ini berencana mencekal penjualan Galaxy S III dalam kasus terpisah di Amerika Serikat.

Produk-produk Samsung yang diajukan untuk dicekal penjualannya oleh Apple adalah Galaxy S 4G, Galaxy S II AT&T, Galaxy S II Skyrocket, Galaxy S II T-Mobile, Galaxy S II Epic 4G, Galaxy S Showcase, Droid Charge, dan Galaxy Prevail.

Kedelapan smartphone tersebut menghasilkan angka penjualan sebesar 1,3 miliar dollar AS di Amerika Serikat dalam tengah tahun pertama 2012.


Ini Dia Produk-produk Apple dengan "Jeroan" Samsung
Meskipun kalah besar dari Apple dalam sengketa paten di pengadilan di San Jose, Amerika Serikat, Samsung dikabarkan tidak berniat memotong distribusi komponen ke rival beratnya tersebut.

Sebabnya, dua raksasa elektronik ini saling membutuhkan. Samsung bisa merugi miliaran dollar AS jika mencabut suplai komponen ke saingannya itu, sementara Apple bakal kesulitan memenuhi permintaan atas produk-produknya.

Lalu, apa saja produk Apple yang memakai komponen-komponen buatan Samsung? Berikut beberapa di antaranya, seperti dikutip dari situs teknologi Mashable:

1. New iPad
(Gambar: mashable.com)

Salah satu dari produk-produk terkini Apple yang menggunakan komponen buatan Samsung. Menurut situs iFixIt.com, Samsung berada di balik layar "retina display" berukuran 9,7 inci pada New iPad.

2. iPad 2 versi WiFi

Tablet ini memakai prosesor dual-core Apple A5 berkecepatan 1 GHz, diperkuat RAM 512 MB yang tak lain berasal dari Samsung.

3. iPhone 4S
Sama seperti iPad2, Apple pun menanamkan memori DDR2 bikinan Samsung pada smartphone populer ini.

4. iPhone 3G
Meskipun ditempeli logo Apple, prosesor utama berbasis ARM pada iPhone lawas ini diproduksi oleh pabrik Samsung.

5. iPod Touch Generasi Ketiga
Prosesor ARM pada gadget pemutar musik dan video populer ini juga bikinan Samsung.

6. MacBook Air
Kagum dengan kinerja laptop tipis MacBook Air yang sangat responsif dan kencang? Itu berkat media penyimpanan Solid State Disk (SSD) besutan Samsung yang tertanam di dalamnya.

7. MacBook Pro dengan Retina Display
SSD supercepat buatan Samsung juga dipakai di laptop andalan Apple yang baru dirilis Juni lalu ini.

Analis KDB Daewoo Securities James Wong menuturkan bahwa Apple membutuhkan Samsung untuk bisa membuat iPhone dan iPad. "Samsung adalah penyalur tunggal untuk prosesor-prosesor Apple. Tanpanya, Apple tak bisa membuat produk-produk ini," ujar Wong kepada Reuters, seperti dikutip kembali oleh Mashable.

Demikian berlaku sebaliknya, Apple adalah mitra bisnis penting buat Samsung yang penjualan komponennya diprediksi naik menjadi 13 miliar dollar AS pada 2013. "Samsung akan mempertimbangkan banyak opsi untuk meningkatkan bisnis komponennya dan menekan Apple. Apple pun sadar tentang ini."

Giliran Samsung Tuduh Apple Langgar Paten
Dr Woodward Yang, profesor teknik elektro dari Universitas Harvard, mengatakan bahwa produk-produk Apple telah memakai sejumlah fitur perangkat mobile yang dipatenkan Samsung.

Dia adalah salah satu saksi pertama dari Samsung yang maju setelah Apple menghadirkan saksi-saksi ahli yang mengatakan bahwa tablet dan smartphone Samsung telah melanggar paten Apple.

Seorang desainer Samsung yang merancang tampilan antarmuka seri smartphone Galaxy S juga bersaksi bahwa desain Apple bukanlah acuan utama dalam rancangan bentuk ikon pada produk andalan perusahaan Korea itu.

Apple dan Samsung adalah dua pemain besar dalam industri smartphone yang menguasai lebih dari setengah pangsa pasar di seluruh dunia. Keduanya terlibat dalam sengketa paten dalam pengadilan di San Jose, Amerika Serikat, yang telah memasuki minggu ketiga.

Apple menuduh Samsung telah menjiplak rancangan dan sejumlah fitur produk iPad dan iPhone miliknya. Raksasa elektronik dari Negeri Paman Sam ini menuntut pencekalan produk-produk Samsung yang melanggar paten, di samping ganti rugi berupa uang.

Di sisi sebaliknya, Samsung yang sedang berusaha berekspansi di Amerika Serikat menuduh Apple telah melanggar beberapa paten miliknya, termasuk paten teknologi wireless. Paten lain yang diklaim telah dilanggar Apple menyangkut teknologi untuk mencari foto dalam album.

Selasa (14/8/2012) kemarin desainer Samsung, Jeeyuen Wang, mengatakan bahwa tim desain Samsung telah bekerja keras selama tiga bulan untuk membuat sendiri desain ikon miliknya.

Mengenai dokumen internal Samsung yang berisi perbandingan antara tampilan ikon iPhone dan Galaxy S, Yang mengatakan bahwa sebagian dokumen tersebut dibuat setelah Samsung menyelesaikan rancangan ikon miliknya sendiri.

Dalam upaya melemahkan sejumlah paten Apple yang digunakan di pengadilan, Samsung minggu ini menghadirkan bukti yang menunjukkan bahwa beberapa teknologi yang dipatenkan Apple—seperti input multitouch—telah diciptakan oleh pihak lain sebelum Apple.

Lawan Samsung, Apple Bayar Saksi Ahli Rp 700 Juta
Persidangan sengketa hak paten antara Apple dan Samsung di AS telah berlangsung sejak awal Agustus ini. Kedua pihak dipersilakan mendatangkan beberapa saksi dan saksi ahli. Apple berani membayar 75.000 dollar AS (sekitar Rp 700 juta) untuk saksi ahli agar memberi keterangan di persidangan.

Salah satu saksi ahli yang didatangkan Apple pekan lalu adalah Peter Bressler, seorang ahli teknologi yang menemukan dan menjadi pendamping penemu sekitar 70 paten desain.

Dalam persidangan, Bressler memberi kesaksian yang memberatkan Samsung. Ia mendukung argumen Apple yang menuding smartphone dan tablet keluarga Galaxy dari Samsung mencontek desain iPad dan iPhone.

Di tengah persidangan, pengacara Samsung, Charles Verhoeven, mengajukan pertanyaan kepada Bressler tentang bayaran yang sejauh ini ia terima dari Apple untuk menjadi saksi ahli di persidangan.

"75.000 dollar AS," jawab Bressler.

Jumlah ini adalah bayaran satu kali mendatangkan Bressler ke persidangan. Sementara proses hukum Apple versus Samsung di AS masih akan berjalan sekitar 3 pekan ke depan.
Pada 2013, Apple dan Samsung dijadwalkan bertemu lagi di pengadilan terkait gugatan hukum baru, yang masih berkutat soal hak paten desain dan teknologi software.

Kepada hakim dan juri persidangan, Verhoeven mengatakan bahwa Bressler telah menjadikan aktivitas saksi ahli sebagai mata pencaharian. Menurut Verhoeven, Bressler mengiklankan dirinya sebagai saksi ahli di sebuah situs web di AS.

Sidang Apple versus Samsung di Pengadilan Distrik Utara California bernomor 11-1846. Sepuluh anggota tim juri akan mendengar bukti-bukti yang dihadirkan di persidangan, dan pada akhirnya harus membuat keputusan siapa yang memenangi kasus ini.

Baik Apple maupun Samsung dipersilakan menghadirkan 20 saksi. Pekan lalu Apple mendatangkan beberapa petingginya dan saksi ahli ke persidangan. Pekan kedua ini barulah giliran Samsung yang mendatangkan para saksi.


Meski Berseteru, Apple dan Samsung Saling Membutuhkan
 Dewan Juri Pengadilan San Jose, Amerika Serikat, menilai Samsung melanggar beberapa paten Apple. Sementara itu, di Pengadilan Korea Selatan, kedua perusahaan dinyatakan bersalah. Meski saling berseteru soal paten, hal ini tidak merusak hubungan bisnis di antara keduanya.

Apple masih menjadi pelanggan terbesar Samsung. Begitupun Samsung, yang masih melayani pembuatan komponen penting untuk perangkat mobile Apple. Perusahaan asal Korea Selatan ini dipercaya membuat chip prosesor, chip DRAM, memori NAND, dan layar datar untuk iPhone dan iPad.

Kontrak bisnis di antara keduanya disebut-sebut bernilai miliaran dollar AS.

Perusahaan penyedia jasa keuangan asal AS, Morgan Stanley, memprediksi bahwa bisnis pembuatan komponen Samsung tahun depan bisa menembus 13 miliar dollar AS.

Para ahli dan analis meyakini, bisnis mutualisme Apple dan Samsung tetap terjaga. Keduanya tak ingin ambil risiko dalam hal pembuatan komponen.

"Apple membutuhkan Samsung untuk membuat iPhone dan iPad. Samsung adalah pemasok tunggal chip prosesor Apple. Dan tanpa Samsung, mereka tak bisa membuat produk ini," kata James Song, analis dari Daewoo Securities KDB di Seoul.

Samsung sendiri menepis kekhawatiran pasar yang menduga perang paten dengan Apple akan mempengaruhi bisnis komponen.

"Kontrak bisnis tetap menjadi isu terpisah dengan litigasi yang sedang berlangsung, dan tidak ada perubahan untuk itu," ujar salah seorang eksekutif Samsung kepada Reuters.

Di AS, sembilan anggota dewan juri menilai Samsung melanggar 6 dari 7 paten Apple, dan diharuskan membayar denda 1.051 miliar dollar AS (sekitar Rp 9 triliun).

Dewan juri tidak membenarkan tudingan Samsung yang menyebut Apple telah melanggar teknologi nirkabel 3G milik Samsung.

Perang paten Apple-Samsung dimulai sejak 2010. Mulanya, Apple mengajak Samsung bernegosiasi untuk membayar lisensi paten karena Apple merasa produk smartphone keluarga Galaxy telah meniru desain dan software iPhone. Namun, Samsung tak bersedia membayar lisensi paten, hingga akhirnya Apple mengambil langkah hukum.

"Mulanya kami diajak bernegosiasi dengan Apple, bukan untuk ke pengadilan karena mereka adalah pelanggan penting kami," ujar pihak Samsung kepada media, Senin (27/8/2012). "Namun, Apple menekan dengan gugatan, dan kami tak punya pilihan selain melawan gugatan itu."

Selain Apple, Samsung juga menjadi pemasok komponen untuk rival lainnya, seperti Nokia, HTC, dan Sony.

Untuk memenuhi permintaan perangkat mobile yang terus melonjak, Samsung pada pekan lalu mengumumkan investasi 4 miliar dollar AS untuk meningkatkan produksi chip untuk pabrik yang berlokasi di Texas, Amerika Serikat. Di sanalah chip penting untuk iPhone dan iPad diproduksi.

Samsung bersaing dengan Toshiba untuk memenuhi permintaan chip memori Apple. Sementara untuk panel layar datar Apple, Samsung bersaing dengan LG.


Hakim Sarankan Apple dan Samsung Berdamai
Hakim federal Lucy Koh yang memimpin pengadilan paten Apple versus Samsung meminta eksekutif dari kedua perusahaan bertemu sekali lagi untuk mencoba mencari "jalan damai".

"Saya melihat risikonya untuk kedua belah pihak di sini kalau pengadilan sampai menjatuhkan vonis," ujar Hakim Koh. Dia mengatakan, jika dua raksasa elektronik ini hanya ingin pamer paten tablet dan smartphone, maka tujuan mereka sudah tercapai.

 Koh juga menambahkan bahwa penilaian atas portfolio paten mereka sudah bisa dilihat dari pengadilan-pengadilan sengketa paten yang melibatkan Apple dan Samsung di seluruh dunia.

"Sakaranglah waktunya untuk berdamai," ucap hakim wanita itu.

Pengacara kedua perusahaan telah setuju untuk setidak-tidaknya melakukan meeting melalui telepon. Eksekutif Apple dan Google sebelumnya sudah pernah bertemu atas perintah pengadilan, tapi gagal mencapai kata sepakat.

Apple menuntut Samsung atas pelanggaran paten dan desain terkait produk iPhone dan iPad. Perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat ini menuntut ganti rugi sejumlah 2,5 miliar dollar AS. Samsung membantah tuduhan itu dan telah balik menuntut Apple atas pelanggaran paten miliknya.

Saksi terakhir dalam pengadilan akan dipanggil hari Jumat atau Senin. Argumen penutup dijadwalkan untuk hari Selasa minggu depan.




0 comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 OBAT BINGUNG | TNB